Ruang pembakaran adalah bagian terpenting dalam sebuah mesin berbahan
bakar minyak. Bagaimana tidak, ruang pembakaran ini adalah sebagai
proses utama yang mengakibatkan adanya tenaga mekanis yang menggerakan
motor kita.
Ruang pembakaran (Combustion chamber) akan sangat
kotor sekali bila perawatan kurang telaten. Kotoran dan kerak di ruang
pembakaran ini bisa dihasilkan dari Oli, Bahan Bakar, atau kotoran yang
masuk melalui knalpot (karat, kerikil, dll). “Tidak ada pembakaran yang
sempurna, ia pasti menghasilkan deposit kotoran di ruang bakar” Kata
Andre dari Dutamatic Bandung. Pada motor matic yang rata-rata
menggunakan RPM dan kompresi yang lebih tinggi dari motor bebek, hal
ini perlu untuk lebih diperhatikan, selain selalu merawat motor ke
bengkel resmi tentunya.
Akibatnya deposit atau kotoran
di ruang bakar yaitu bisa mengurangi efisiensi dari pembakaran, atau
yang lebih parah bisa membuat mesin “loss kompresi” karena kotoran
menempel di bagian klep dan membuat kompresi hilang, gejalanya bila
kick starter kita bejek sama sekali tidak ada beban. Yup, kotoran
sekecil apapun yang menempel di klep membuat kompresi yang dibutuhkan
untuk pembakaran menjadi hilang. Nah kalau sudah begini, tentu motor
sulit atau bahkan tidak dapat dihidupkan. Kalau sudah parah, tentu
mesin harus dibersihkan secara manual (turun mesin / overhoule) tentu
biaya yang akan dikeluarkan tidak sedikit bukan?
Nah saya ada
sedikit tips untuk membersihkan ruang pembakaran ini. Sebaiknya
Membersihkan ruang pembakaran ini dilakukan secara rutin, misalnya
setiap 10.000 kilometer. Apa yang kita butuhkan adalah sebuah
“Combustion Chamber Cleaner”.
Bentuknya dalam botol
kaleng, mirip dengan Carburator Cleaner, hanya saja ia memiliki formula
yang dikhususkan (jauh lebih keras dari Carburator Cleaner) untuk
meng-oksidasi kotoran dan membuangnya melalui knalpot.
Penggunaannya kurang lebih sama dengan Carburator Cleaner;
Pertama,
buka dahulu selang dari filter udara ke karburator, pada
intake/sambungan karburator selang filter udara ini lah kita akan
menyemprotkan Combustion Chamber Cleaner.
Kedua, nyalakan motor,
kemudian tarik gas sampai RPM/Putaran tinggi Semprotkan Combustion
Chamber Cleaner kepada mulut karburator, usahakan motor jangan sampai
mati. Ulangi sekali lagi, kali ini sampai motor mati. Kemudian biarkan
selama 15 menit supaya Combustion Chamber Cleaner bekerja.
Ketiga, setelah 15 Menit, nyalakan mesin, dan tahan pada rpm sedang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar